7 Pendekar Samurai Legendaris Terhebat Sepanjang Sejarah

Kata Samurai pasti sudah tidak asing lagi bagi kita, sebutan ini begitu tersohor keberbagai balahan dunia, dan samurai sangat identik dengan seorang pendekar yang membawa pedang dari Jepang. Samurai adalah istilah untuk perwira militer elit sebelum zaman industrialisasi di Jepang. Kata "samurai" berasal dari kata kerja "Samorau" atau "Saburau" dalam bahasa Jepang kuno yang berarti "Melayani", dalam istilahnya orang yang bekerja sebagai
pelayan untuk melindungi sang majikan (Daimyo).
Sebutan lainnya pada zaman Edo yaitu "Bushi" atau arti harfiahnya "orang yang bersenjata", namun sebutan samurai lebih populer. Sebutan samurai hanya ditujukan untuk prajurit elit dari kalangan bangsawan, bukan untuk Ashigaru (prajurit berjalan kaki), dan samurai yang bertugas di wilayah Han disebut "Hanshi". Samurai yang tidak terikat dengan clan atau Daimyo (majikan) disebut "Ronin" (arti harfiah : orang ombak). Berikut ini,

Pendekar Samurai Paling Legendaris

1. Miyamoto Musashi

Pendekar Samurai Miyamoto Musashi

Seorang samurai yang hidup di zaman Edo (akhir abad 17), yang kemudian menjadi pengembara selama bertahun-tahun untuk menjadi pendekar pedang terhebat di Jepang. Dia menciptakan "Nitouryu" yaitu teknik bertarung dengan dua pedang, dia banyak menulis tentang teknik bertarung, dan menulis tentang semangat seorang pendekar dalam bukunya yang berjudul "Gorinsho".

Dalam perjalanannya mencari jati diri, Musashi mengembara hingga daratan China dan Korea. Para pendekar yang memiliki reputasi tinggi dan ternama, ia datangi kemudian diajaknya bertarung. Selama dalam pengembaraan bertahun-tahun tersebut, Musashi tidak pernah kalah dalam 60 kali pertarungan duel maut. Dia memiliki spirit untuk melampaui batas maksimal kemampuannya, dia memang seorang Samurai sejati dan petarung yang hebat. Rival utama Musashi yang terkenal dalam sejarah, yaitu Sasaki Kojiro. Pertarungan mereka berdua disebut-sebut pertarungan terhebat sepanjang sejarah samurai, duel tersebut terkenal dengan sebutan "Ganryujima" (duel dari pulau Ganryu), Musashi berhasil mengalahkan dan membunuh Kojiro.

Kisah perjalanan hidup Musashi pernah dinovelkan, yang kemudian dibuat ulang dalam bentuk manga yang berjudul "Vagabond" oleh Takehiko Inoue (pengarang manga "Slam Dunk").

2. Sasaki Kojiro

Pendekar Samurai Sasaki Kojiro
Samurai yang hidup satu  zaman  dengan Miyamoto Musashi, nama besarnya selalu dibayang - bayangi oleh Musashi. Kojiro termasuk samurai berbakat, teknik dan jurus-jurus pedangnya terus ia kembangkan, dan teknik pedangnya yang terkenal yaitu "Swallow Terbang". Dengan menggunakan katana yang bernama "Tsubamegaeshi" (katana dengan ukuran panjang seperti tiang jemuran pakaian atau sekitar 120-130 cm) menjadi ciri  khasnya, sehingga harus dia pikul ketika membawanya (mirip "Sano" dalam manga "Samurai-X").
Kojiro melayani tuannya seorang Daimyo bernama Hosogawa Tadaoki yang tewas oleh Musashi dalam pertarungan Ganryujima".

3. Hattori Hanzo

Pendekar Samurai Hattori Hanzo
Hattori Hanzo lahir sekitar 1540-an, ninja dari clan Iga. Dia seorang samurai yang memutuskan diri menjadi ninja, dia mengembangkan clannya dan mengajarkan teknik-teknik ninja. Dia bekerja untuk keluarga Tokugawa, dan mengantarkan Tokugawa sukses menjadi Shogun.
Hattori Hanzo meninggal pada tahun 1596 saat usianya 55 tahun dengan kematian yang alami. Namun, versi lain juga berkembang bahwa Hanzo tewas oleh musuh bebuyutannya dari clan Fuma yaitu Fuma Kotaro dalam sebuah pertarungan.

4. Sarutobi Sasuke

Pendekar Samurai Sarutobi Sasuke
Sekitar tahun 1600-an, Sarutobi Sasuke adalah salah satu ninja ternama dari clan Koga. Karena ayahnya angkatnya melayani keluarga Sanada, ia juga melayani Sanada Yukimura yang kemudian terkenal sebagai salah satu anggota Sanada Juyushi (kisahnya diangkat dalam manga "Samurai Deeper Kyo") . Mempunyai rival bernama Kirigakure Saizo seorang ninja dari clan Iga. Menurut kisah yang beredar Sasuke tewas dalam peristiwa "Osaka Natsu No Jin" (pertempuran Osaka di musim panas), ia terdeteksi oleh penjaga istana saat melakukan spionase. Dia sempat melarikan diri, namun naas kakinya terkena perangkap beruang dan membuatnya terpaksa untuk menebas kakinya sendiri. Sasuke akhirnya terpojok, dan memilih melakukan Harakiri dari pada ditangkap.

5. Hijikata Toshizo

Pendekar Samurai Hijikata Toshizo
Pendekar samurai dari Tennenrishinryu (metode pedang Tennenrishin), jabatannya wakil ketua pasukan Shinsengumi di zaman restorasi Tokugawa. Dia adalah teman baik dari Kondo Isami sejak dari kecil, persahabatan mereka tidak pernah berubah sepanjang hidup mereka. Setelah kematian Kondo, dalam berbagai pertempuran ia tidak pernah menyerah. Ketika kalah dalam pertempuran penentuan di Hokkaido, ia berhasil selamat dari kepungan musuhnya dengan berpura-pura mati. Dia akhirnya meninggal krena luka yang dideritanya, saat itu ia berusia 34 tahun.

6. Souji Okita

Pendekar Samurai Souji Okita
Sama seperti Toshizo, Souji Okita juga seorang samurai dari Tennenrishinryu. Dia adalah kapten unit ke-1 dari kelompok Shinsengumi. Usia 15 tahun dia sudah menjadi anggota pasukan Shinsengumi, karena dia sangat berbakat dan pintar. Lambat laun dia dipercaya dan diangkat menjadi pimpinan unit pasukan. Namun Okita meninggal muda, saat itu ia berumur sekitar 25 tahun karena mengidap penyakit TBC.

Souji Okita menjadi inspirasi karakter Soujiro (murid Sishio Makoto) dalam manga Samurai X.

7. Kondo Isami

Pendekar Samurai Kondo Isami

Sahabat kecil dari Hijikata Toshizo, seorang samurai yang ikut berhasil menyukseskan kelompok Tennenrishinryu. Jabatannya sebagai kepala pasukan Shinsengumi di era restorasi, dia terkenal sangat tangguh dengan semangat loyalitas yang tinggi pada kelompoknya. Isami menolak penjatuhan keshogunan Tokugawa sampai saat akhir, oleh pemerintahan restorasi ia dianggap memberontak dan terjadilah peperangan. Pada peperangan tersebut, pasukan Shinsengumi terdesak dan Isami akhirnya tertangkap dan dihukum pancung.

Kisah peperangan ini diangkat kedalam manga Samurai-X.
Beri Kami +1 Agar Terus Semangat Menulis Untuk Anda :

Title : 7 Pendekar Samurai Legendaris Terhebat Sepanjang Sejarah
Hati-Hati Jika ingin Copy-Paste (15 Blog Sudah TERHAPUS Akibat DMCA Takedown)..!
Pastikan Menyertakan Link Aktif Dofollow Dengan URL :
http://odyckdnero.blogspot.com/2012/06/7-pendekar-samurai-legendaris-terhebat.html

Related Post

0komentar:

Post a Comment

*Silahkan tinggalkan komentar, saran atau kritik sesuai topik untuk kemajuan blog ini.
*Komentar anda secepat mungkin direspon, karena saya tidak selalu online.
*KOMENTAR TIDAK SOPAN, BERIKLAN, VULGAR, MELECEHKAN, SARA atau PROVOKATIF akan dianggap SPAM, dan berakhir di Tong Sampah..!!!