Mengapa Huruf "E" Paling Atas Pada Tabel Test Mata

Tabel Snellen Test Ketajaman Mata

Alasan Huruf "E" Menjadi Paling Atas di Tabel Test Mata

Huruf "E" selalu pada posisi paling atas pada tabel test mata, kemudian diikuti oleh huruf yang lainnya. Hampir diseluruh dunia menggunakan tabel tersebut sebagai standart test mata. Mengapa demikian...?

Professor Hermann Snellen seorang professor dalam bidang kesehatan mata berkebangsaan Belanda inilah pencipta tabel test mata tersebut, sehingga tabel tersebut dikenal dengan tabel Snellen. Prof. Snellen saat itu menggantikan posisi Dr. Frans Cornelis Donders, sebagai direktur Netherlands Hospital for Eye Patients. Ia sedang berusaha membuat tes standar untuk mendeteksi ketajaman penglihatan, juga untuk mengukur seberapa kecil gambar yang dapat ditangkap oleh mata.

Pada awal pembuatan tabel ini ditahun 1862 huruf "A" pada posisi atas kemudian diikuti oleh huruf lainnya, namun kemudian diganti dengan huruf "E". Karena pasien saat menjalani tes mata lebih menggunakan hapalan posisi huruf, bukan penglihatan. Dr. Donders terlebih dahulu meneliti bagaimana mata menangkap huruf E, kemudian Prof. Snellen melanjutkan apa yang yang telah diteliti oleh pendahulunya tersebut, lalu menciptakan formula yang rumit yang didasarkan pada tiga garis sejajar dari semua huruf abjad.

Huruf besar E pada tabel memiliki ruang putih dan ruang hitam dengan tinggi dan lebar yang sama, sehingga menjadi kunci bagi ketajaman penglihatan. Jika pasien memiliki penglihatan kurang tajam maka huruf E tersebut akan terlihat seperti huruf B, F, P, dan L (memiliki garis yang sejajar dengan huruf E). Karena pentingnya huruf E ini, Prof. Snellen banyak menyelipkan huruf E diantara huruf lainnya.
Beri Kami +1 Agar Terus Semangat Menulis Untuk Anda :

Title : Mengapa Huruf "E" Paling Atas Pada Tabel Test Mata
Hati-Hati Jika ingin Copy-Paste (15 Blog Sudah TERHAPUS Akibat DMCA Takedown)..!
Pastikan Menyertakan Link Aktif Dofollow Dengan URL :
http://odyckdnero.blogspot.com/2012/09/mengapa-huruf-e-paling-atas-pada-tabel.html

Related Post

0komentar:

Post a Comment

*Silahkan tinggalkan komentar, saran atau kritik sesuai topik untuk kemajuan blog ini.
*Komentar anda secepat mungkin direspon, karena saya tidak selalu online.
*KOMENTAR TIDAK SOPAN, BERIKLAN, VULGAR, MELECEHKAN, SARA atau PROVOKATIF akan dianggap SPAM, dan berakhir di Tong Sampah..!!!