10 Misteri Yang Belum Terpecahkan

10 Misteri Yang Belum Terpecahkan

Misteri Sejarah Dunia Yang Belum Terungkap

Ada kalanya sebuah peristiwa penting dalam sejarah masih meninggalkan misteri yang belum terungkap, dijelaskan bahkan dipecahkan. Meskipun berbagai penelitian dilakukan oleh pakar ilmuwan bersangkutan, namun tetap saja
masih menimbulkan tanda tanya besar hingga sekarang. Sejarah Dunia Apakah itu?

Sejarah Dunia Yang Masih Menjadi Misteri

1. Misteri Rongorongo

Misteri Rongorongo
Rongorongo adalah bahasa tulisan penduduk awal tempat tersebut, tulisan tersebut menjadi misteri karena tidak satu orangpun bisa membacanya. Tidak adanya sisa keturunan setempat atau tetangga kaum Oceania yang menggunakan bahasa tulisan tersebut semenjak lama. Bahasa ini diperkirakan muncul pada awal abad ke-17, kemudian setelah bangsa Eropa datang menjajah melarang penggunaan bahasa tulisan tersebut.

Meskipun sebagian banyak orang tahu tentang Moai di Easter Island, namun tidak banyak informasi yang didapat tentang Easter Island.

2. Helike kota yang hilang

Helike kota yang hilang

Pada akhir abad kedua Masehi, seorang penulis Yunani bernama Pausanias menulis sebuah cerita tentang di satu malam pada 500 tahun yang lalu ketika gempa kuat menghancurkan kota besar Helike, gelombang tsunami menyapu habis kota tersebut. Kota Helike merupakan ibu kota Achaean League, pusat ibadah yang diperuntukkan menyembah dewa laut Poseidon.

Dalam tulisan-tulisan Yunani kuno tidak ada catatan jelas tentang jejak dan kehidupan penduduk tersebut. Pada tahun 1861 seorang arkeolog menemukan uang yang dianggap berasal dari Helike, sebuah uang koin perunggu bergambar kepala Poseidon. Kemudian ditahun 2001 sepasang arkeolog mencoba menemukan dan menggali disisa reruntuhan, dan saat ini mereka mencoba mengkaitkannya dengan kota Atlantis.

3. Misteri Mayat Berlumpur

Misteri Mayat Berlumpur
Ratusan mayat yang ditemukan terkubur disekitar rawa-rawa dan lahan-lahan basah di Eropa Utara. Beberapa peneliti menemukan pada mayat tersebut terdapat tanda-tanda penyiksaan, diperkirakan para korban tersebut adalah korban dari sebuah ritual tertentu.

4. Runtuhnya Kaum Minoan

10 Misteri Yang Belum Terpecahkan
Kaum Minoan terkenal karena legenda Theseus dan Minotaur, kaum yang menduduki Pulau Crete. Runtuhnya kaum Minoan diperkirakan oleh sebuah ledakan vulkanik yang besar di pulau sebelahnya yaitu Pulau Thera. Para arkeolog menemukan buku-buku catatan yang menunjukkan bahwa kaum Minoan tetap bertahan selama 50 tahun setelah ledakan tersebut, sebelum akhirnya mereka benar-benar menghilang. Namun banyak pula teori yang mengatakan kaum tersebut punah karena debu vulkanik yang menutupi pulau tersebut dan menghancurkan panen mereka, dan teori kepunahan lainnya karena serbuan dari pasukan Yunani.

5. Carnac Stone

Misteri Carnac Stone
Orang mungkin akan kenal dengan Stonehenge, namun hanya sedikit yang tahu tentang Batu Carnac. 3000 buah batu dari zaman megalitik ini tersusun dalam barisan yang sempurna sepanjang 12 km di pesisir Brittany di barat laut Francis. Mitos yang berkembang bahwa batu-batu tersebut adalah tentara Roma yang dikutuk jadi batu oleh Merlin sang penyihir. Menurut para peneliti bisa jadi batu-batu tersebut adalah alat deteksi gempa, tapi bagaimana cara kerjanya...?.

6. Legenda Robin Hood

Misteri Robin Hood Yang Belum Terpecahkan
Semua orang pasti kenal dengan nama ini, nama yang sangat legendaris. Namun kebenaran tentang tokoh tersebut belum bisa dipastikan. Sebagian peneliti sejarah mengkaitkan dengan beberapa buronan kerajaan saat itu, salah satunya seorang buronan Yorkshire bernama Rober Hod juga dikenal sebagai Hobbehod atau Robert Hood dari Wakefield. Tokoh tersebut kian kabur ketika literatur mulai menambahkan karakter Prince John dan Richard the Lionheart. Sampai sekarang tokoh tersebut tetap menjadi dongeng.

7. Pasukan Romawi Yang Hilang

Misteri Pasukan Romawi Yang Hilang
Setelah pasukan Parthia mengalahkan pasukan Jendral Romawi Crassus, legenda beredar bahwa sisa pasukan Romawi tersebut berkelana (tersesat) melewati padang pasir (kemungkinan Gurun Gobi). Sejarawan China abad pertama menulis sebuah hikayat tentang konfrontasi antara pasukan Han dengan sekumpulan pasukan kecil (sekitar 100-an prajurit) dengan "formasi ikan" (formasi yang biasa digunakan pasukan Romawi saat itu). Karena jumlah pasukan Han sangat besar jadi dengan mudah mengalahkan pasukan kecil tersebut.

Seorang sejarawan Oxford membandingkan dari catatan-catatan kuno, dan mengklaim bahwa pasukan Romawi yang hilang tersebut berada di sebuah kota kecil dekat Gurun Gobi bernama Liqian (dalam bahasa China berarti Roma). Penelusuran dan penelitian seperti tes DNA sedang dilakukan untuk menjawab legenda tersebut, dan menjelaskan mengapa orang-orang dari Liqian memiliki ciri seperti orang Roma dahulu (bermata hijau, berambut pirang, gemar bertarung melawan banteng) dan berbeda dengan ciri orang China pada umumnya.

8. Naskah Voynich

Misteri Naskah Voynich Yang Belum Terpecahkan
Script ini diduga ditulis antara abad ke-15 dan 16, penulis sekaligus bahasa yang digunakan tetap tidak diketahui. Keberadaan naskah tersebut menjadi objek studi intensif oleh banyak kriptografer profesional dan amatir, termasuk beberapa peneliti (pemecah kode) dari Amerika dan Inggris sejak Perang Dunia II. Namun semuanya gagal mendekripsi bagian apapun dalam teks).

Naskah Voynich kini disimpan di perpustakaan Universitas Yale dengan item "MS 408". Dari sebuah kesimpulan, naskah tersebut isinya menyangkut tentang Farmakope atau pengobatan karena dari gambar yang ditunjukkan terdapat 6 bagian : Herbal, Astronomis, Biologis, Kosmologis, Farmasi, dan resep. Namun perincian ilustrasi tersebut tidak dapat menjelaskan asal-usul script, bahasa, penulis, isinya, dan tujuan script tersebut dibuat.

9. Mummi orang Eropa di China

Misteri Mummi orang Eropa di China
Pada awal tahun 90-an, penemuan menakjubkan mummi berusia 2000 tahun di lembah Sungai Tarim China barat. Namun yang lebih mencengangkan bahwa mummi-mummi tersebut memiliki ciri-ciri seperti orang Eropa pada umummnya (ras Caucassoid).

Pada tahun 1993, Victor Mayer seorang profesor mengumpulkan DNA dari mummi tersebut, dan dari tes tersebut membuktikan mummi-mummi tersebut memiliki genetik orang Eropa. Tulisan-tulisan China kuno dari milenium pertama sebelum Masehi menyebutkan kelompok-kelompok caucasus yang berasal dari Timur-Jauh disebut sebagai kaum Bai, Yeuzhi, dan Tocharian. Namun tak satu pun yang benar-benar bisa menjelaskan bagaimana dan mengapa orang-orang tersebut berakhir di China.

10. Hilangnya Peradaban Lembah Hindus

Misteri Lembah Hindus Yang Belum Terpecahkan

Kaum Lembah Hindus kuno adalah peradaban India tertua dan terkenal, rentang daerah meliputi India barat sampai Afganistan dengan penduduk sekitar 5 juta jiwa. Kebudayaan Lembah Hindus sangat maju karena sudah mengenal tata kota yang teratur dan bersih, sistem irigasi yang sudah maju, memisahkan aliran limbah rumah tangga dengan air bersih. Namun yang menjadi misteri bagaimana peradaban yang sangat maju di zaman perunggu tersebut mendadak hilang, dan punahnya menyamai keruntuhan kaum Maya. Sampai saat ini tidak ada keterangan arkeologis tentang tentara, perbudakan, konflik, atau aspek-aspek lain yang mampu menjelaskan kemana peradaban ini pergi atau bagaimana peradaban ini punah begitu saja.
Beri Kami +1 Agar Terus Semangat Menulis Untuk Anda :

Title : 10 Misteri Yang Belum Terpecahkan
Hati-Hati Jika ingin Copy-Paste (15 Blog Sudah TERHAPUS Akibat DMCA Takedown)..!
Pastikan Menyertakan Link Aktif Dofollow Dengan URL :
http://odyckdnero.blogspot.com/2012/09/10-misteri-yang-belum-terpecahkan.html

Related Post

0komentar:

Post a Comment

*Silahkan tinggalkan komentar, saran atau kritik sesuai topik untuk kemajuan blog ini.
*Komentar anda secepat mungkin direspon, karena saya tidak selalu online.
*KOMENTAR TIDAK SOPAN, BERIKLAN, VULGAR, MELECEHKAN, SARA atau PROVOKATIF akan dianggap SPAM, dan berakhir di Tong Sampah..!!!