11 Sungai Terpanjang di Dunia

11 Sungai Terpanjang di Dunia
Sungai adalah sekumpulan air yang banyak yang mengalir dari tempat yang lebih tinggi menuju ketempat yang lebih rendah, daratan yang dilalui aliran air selama ratusan tahun bahkan ribuan tahun ini akan membentuk sebuah gerusan atau cekungan yang panjang. Sungai memilik banyak manfaat yang dapat menopang kehidupan sekitarnya,
seperti sarana transportasi, irigasi, atau bahkan rekreasi.

Mungkin sudah banyak yang tahu tentang daftar sungai terpanjang di dunia, karena pernah di ajarkan di kelas 6
SD. Sekedar flashback atau menyegarkan ingatan saja. Berikut ini,

10 Sungai Terpanjang di Dunia

11. Sungai Amur

Sungai Amur Sungai Terpanjang di Dunia
Sungai Amur atau Heilong Jiang (bahasa Tionghoa) atau disebut juga Sahaliyan Ula (Manchu) adalah sungai dengan panjang mencapai 4.444 km yang membatasi wilayah Russia dengan wilayah timur laut China.

Sungai Amur adalah simbol penting bagi hubungan geopolitik Russia-China

10. Sungai Irtish

Sungai Irtish Sungai Terpanjang di Dunia
Sungai Irtish merupakan anak Sungai Ob (no 7) yang memiliki aliran sepanjang 4.465 km yang membelah empat negara yaitu Russia, Kazakhstan, China dan Mongolia.

9. Sungai Parana

Sungai Parana Sungai Terpanjang di Dunia
Sungai yang terletak di Paraguay ini berawal dari pertemuan antara Sungai Paranaiba dan Sungai Grande, dan bermuara di daerah Rio de Plata dengan panjang keseluruhan mencapai 4.524 km.

8. Sungai Kongo / Sungai Zaire

Sungai Kongo-Sungai Zaire Sungai Terpanjang di Dunia
Sungai terbesar ke-2 di Benua Afrika atau sungai terbesar di bagian barat Afrika Tengah. Panjang sungai ini mencapai 4.700 km yang berawal dari pertemuan Sungai Lualap dan Sungai Luapula, aliran sungai ini bermuara di Samudra Atlantik.

7. Sungai Ob

Sungai Ob Sungai Terpanjang di Dunia
Sungai dengan panjang 5.410 km, hulu dari sungai ini dari Gunung Altai di Russia dan bermuara di Teluk Ob. Anak Sungai Ob adalah Sungai Irtysh dengan panjang alirannya mencapai 2.758 mil. Aliran sungai ini melewati empat negara, yaitu Russia, Kazakhstan, China, dan Mongolia.

6. Sungai Kuning / Hwang Ho

Sungai Kuning-Hwang Ho Sungai Terpanjang di Dunia
Salah satu sungai yang menjadi pusat peradaban Cina kuno. Sungai Hwang Ho atau Hwang He memiliki panjang aliran mencapai 5.464 km yang membentang dari sisi timur Gunung Kuanlan, dan terus mengalir hingga di Teluk Vhihli di derah Cina barat. Sungai Hwang Ho adalah sungai terpanjang ke-2 di China dan Asia setelah Sungai Yangtze.

5. Sungai Yenisei

Sungai Yenisei Sungai Terpanjang di Dunia
Yenisei atau juga ditulis Yenisey adalah sungai terpanjang yang mengalir ke Samudra Arktik, panjang sungai ini mencapai 5.539 km.
Sungai ini bersumber di Gunung Tannu-Ola di daerah Tuva barat, Russia.
Sungai ini hampir sepanjang tahunnya membeku.

4. Sungai Mississippi

Sungai Mississippi Sungai Terpanjang di Dunia
Sungai terpanjang ke-2 di Benua Amerika yang memiliki panjang mencapai 6.275 km, aliran sungai ini berasal dari pecahan Sungai Missouri di daerah pegunungan Red Rock di Montana dan berakhir di Teluk Meksiko. Hulu dari kedua sungai ini (Missouri dan Mississippi) bersumber di Danau Itasca, Minnesota. Sungai ini mengalir melalui beberapa negara bagian seperti Missouri, Wisconsin, Iowa, Illinois, Kentucky, Tennessee, Arkansas, dan Mississippi. Nama Mississippi berasal dari bahasa penduduk asli Amerika yang berarti "Bapak Air".

3. Sungai Yangtze/Chang Jiang

Sungai Yangtze/Chang Jiang Sungai Terpanjang di Dunia
Sungai terpanjang di Asia dengan panjang aliran mencapai 6.300 km, sungai ini megalir dari dataran tinggi Tibetan kemudian bermuara di Laut China. Sungai ini memiliki peranan penting pada peradaban Cina kuno, karena sungai ini menjadi pembatas di daerah selatan sedangkan daerah utara dibatasi oleh Sungai Kuning/Hwang Ho. Nama Yangtze awalnya adalah nama untuk bagian hilir sungai, namun oleh misionaris barat mendengarnya sebagai nama keseluruhan sungai.

2. Sungai Amazon

Sungai Amazon Sungai Terpanjang di Dunia
Sungai dengan panjang mencapai 6.400 km ini membentang dari Brazil hingga Peru, menyumbang 1/5 dari total aliran sungai dunia. Sungai Amazon adalah sungai terbesar di dunia, karena saat musim hujan sungai ini dapat mencapai lebar 190 km (120 mil). Karena dimensinya yang luas kadang-kadang disebut Laut Sungai.

1.Sungai Nil

Sungai Nil Sungai Terpanjang di Dunia
Inilah sungai terpanjang di muka bumi ini yang mengalir sepanjang 6.650 km dan melalui sembilan negara di Benua Afrika, yaitu Uganda, Tanzania, Ethiopia, Zaire, Kenya, Rwanda, Burundi, Sudan, dan Mesir. Sungai Nil berhulu di Danau Victoria yaitu danau air tawar terbesar ke-2 di dunia yang terletak di Uganda dan Tanzania, kemudian bermuara di Laut Mediterania.

Sungai Nil erat kaitannya dengan kebudayaan zaman Mesir kuno, karena peradaban lembah Sungai Nil terkenal sangat subur dan makmur.
Beri Kami +1 Agar Terus Semangat Menulis Untuk Anda :

Title : 11 Sungai Terpanjang di Dunia
Hati-Hati Jika ingin Copy-Paste (15 Blog Sudah TERHAPUS Akibat DMCA Takedown)..!
Pastikan Menyertakan Link Aktif Dofollow Dengan URL :
http://odyckdnero.blogspot.com/2012/12/11-sungai-terpanjang-di-dunia.html

Related Post

0komentar:

Post a Comment

*Silahkan tinggalkan komentar, saran atau kritik sesuai topik untuk kemajuan blog ini.
*Komentar anda secepat mungkin direspon, karena saya tidak selalu online.
*KOMENTAR TIDAK SOPAN, BERIKLAN, VULGAR, MELECEHKAN, SARA atau PROVOKATIF akan dianggap SPAM, dan berakhir di Tong Sampah..!!!