3 Virus Cyber Terkuat

Stuxnet,Duqu dan Flame 3 Virus Cyber Terkuat
Kian hari berbagai virus komputer dapat tercipta, dari yang biasa-biasa saja sampai yang memiliki kemampuan sangat canggih untuk merusak sebuah sistem. Berbagai merek perangkat Antivirus juga terus meningkatkan kemampuan sistem proteksinya, namun tetap saja banyak diantara penggunanya kebobolan.

Virus-virus tersebut ada yang diciptakan oleh orang-orang tertentu yang sekedar iseng untuk menunjukkan kehebatan dirinya, atau oleh pihak-pihak yang mengambil keuntungan di dalamnya, dan bukan rahasia lagi bahwa virus juga dibuat sebagai alat atau senjata dalam perang cyber. Beberapa tahun belakangan ini
mulai berkembang isu, bahwa beberapa virus sengaja dibuat oleh negara tertentu atau mensponsori pembuatannya untuk menyerang negara sasarannya. Berikut ini,

Virus Komputer Berbahaya dan Terkuat di Dunia

3. Stuxnet

Virus ini pertama kali ditemukan pada juni 2010 lalu, dibuat dengan tujuan untuk mengganggu infrastruktur nuklir Iran. Stuxnet memiliki struktur kode yang terbilang canggih dan rumit, diperkirakan menghabiskan dana yang besar untuk pembuatannya.

Stuxnet dirancang untuk melakukan pencegatan perintah spesifik ke fungsi tertentu dari SCADA (Supervisory Control and Data Acquisition), sebuah sistem yang  digunakan untuk mengendalikan sistem pipa, Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) dan perangkat manufaktur lainnya di Iran. Stuxnet menjadi terkenal karena menjadi bukti pertama adanya serangan yang sangat spesifik atau targetted attack. Beberapa perangkat sentrifusa pengayaan uranium yang dibutuhkan untuk menjalankan PLTN dikatakan mengalami kerusakan akibat Stuxnet.

Sekarang virus ini kabarnya sudah dapat ditanggulangi, mengenai siapa dan dari mana pembuatnya...masih belum terungkap. Iran menuding Israel dan US mensponsori pembuatan worm tersebut.

2. Duqu

Setelah serangan Stuxnet, muncul akhir tahun 2011 lalu virus yang tidak kalah hebatnya yaitu Duqu (wah kalau di Indonesia sudah diketahui ratusan tahun lalu, paling populer Duku Palembang...Ngaco...). Virus ini kembali menyerang sistem komputer di Iran. Pihak Microsoft menyebutkan: virus ini mengambil keuntungan dari kerentanan Windows untuk menyuntikan kode jahat ke "jantung" sistem komputer. Kesamaan sifat Duqu dan Stuxnet memunculkan spekulasi bahwa maleware ini dibuat oleh orang yang sama atau bisa jadi dalang Stuxnet memberikan kode ke pengembang Duqu, namun itu baru dugaan saja dan belum bisa dibuktikan.

Meski mirip Stuxnet, Duqu dirancang untuk mengumpulkan informasi intelijen untuk melakukan serangan lanjutan pada sistem kontrol. Sebagian besar infeksi virus Stuxnet dan Duqu ditemukan di Iran, hal ini menguatkan dugaan bahwa serangan tersebut sengaja dilakukan untuk sabotase fasilitas nuklir Iran.

1. Flame

Virus ini disebut-sebut sebagai paling kuat dan canggih. Virus berukuran 20MB ini dilaporkan kembali menyerang sistem komputer di Iran dan beberapa negara di Timur Tengah. Flame terlacak oleh vendor antivirus Kapersky, virus ini dinyatakan sangat rumit dengan 20 kali lipat lebih kuat dibanding program cyberwarfare yang pernah terdeteksi. Selain untuk mengumpulkan data rahasia, virus Flame dapat merubah setting komputer secara remote, menghidupkan mikrofon komputer untuk melakukan penyadapan, mengambil screenshot dan mengkopy pembicaraan di instant messaging.

Pihak Kapersky menyatakan Stuxnet dan Duqu tidak ada apa-apanya dibanding virus Flame, butuh waktu setahun untuk memahami cara kerja dan kemampuan Flame. Dengan kecanggihan Flame, ini menandakan era baru perang cyber.
Beri Kami +1 Agar Terus Semangat Menulis Untuk Anda :

Title : 3 Virus Cyber Terkuat
Hati-Hati Jika ingin Copy-Paste (15 Blog Sudah TERHAPUS Akibat DMCA Takedown)..!
Pastikan Menyertakan Link Aktif Dofollow Dengan URL :
http://odyckdnero.blogspot.com/2012/12/3-virus-cyber-terkuat.html

Related Post

0komentar:

Post a Comment

*Silahkan tinggalkan komentar, saran atau kritik sesuai topik untuk kemajuan blog ini.
*Komentar anda secepat mungkin direspon, karena saya tidak selalu online.
*KOMENTAR TIDAK SOPAN, BERIKLAN, VULGAR, MELECEHKAN, SARA atau PROVOKATIF akan dianggap SPAM, dan berakhir di Tong Sampah..!!!