10 Hacker Paling Terkenal di Dunia

Mengulas tentang Hacker Paling Terkenal di Dunia sepertinya tidak ada habisnya, selalu menarik untuk dibahas. Terlepas dari golongan Black-hat atau White-hat, sepertinya mereka adalah orang-orang selalu bersemangat untuk memecahkan sesuatu dengan caranya sendiri. Sehingga dalam perkembangannya tidak sedikit orang yang tertarik dengan dunia hacking.

Namun tahukah anda ?. Puluhan tahun lalu, jauh sebelum kemajuan dunia komputasi berkembang pesat seperti saat ini tercatat beberapa orang telah melakukan hacking. Mereka bisa dikatakan sebagai inspirator dalam dunia hacking. Berikut ini,

Para Pelopor Black-Hat dan White-Hat

1. Konrad Zuse
Konrad Zuse Hacker Paling Terkenal di Dunia

Zuse adalah seorang hacker pertama di dunia, tapi bukan dalam artian hacker seperti pada masa modern saat ini. Zuse membuat komputer pertama di dunia yang sepenuhnya dapat diprogram, yang dikenal dengan Z3. Dimulai dari proyek Z1, Zuse mengembangkan sendiri proyek tersebut dan selesai dikerjakan pada tahun 1938. Kemudian Zuse mendapat dukungan dari pemerintah Jerman saat itu, yang kemudian melahirkan evolusi dari Z1 ke Z3 yang selesai pada 1941. Kemudian proyek tersebut diakui sebagai nenek moyang komputasi modern saat ini.

2. John "Captain Crunch" Draper
John Draper Hacker Paling Terkenal di Dunia

John Draper melakukan hacking jauh sebelum komputer mendapatkan tempat seperti saat ini. Hari-hari hacking Draper dimuali pada awal 1970, ketika jaringan terbesar yang diakses oleh publik adalah sistem telepon. Pada saat itu, telepon diatur dengan sebuah sistem otomatis menggunakan frekuensi analog tertentu yang dapat dieksploit untuk membuat telepon jarak jauh atau bahkan internasional. Dikenal dengan istilah "Phreaking", dan salah satu perangkat phreaking yang terkenal adalah peluit mainan yang merupakan hadiah sereal Cap'n Crunch. Dengan peluit tersebut, Draper membuat perangkat phreaking lain yang dikenal dengan Bluebox, perangkat yang dapat menghasilkan banyak nada lain yang digunakan oleh perusahaan telepon.

3. Steve Wozniak
Steve Wozniak Hacker Paling Terkenal di Dunia

Diawali oleh John Draper, Wozniak tidak asing dengan phreaking. Setelah Draper membagi detail dari rancangan Bluebox yang dibuatnya pada pertemuan Homebrew Computer Club, Wozniak terinspirasi dan membuat versinya sendiri. Steve Jobs melihat potensi pasar dari perangkatnya itu kemudian Jobs dan Wozniak membangun perusahaan ventura pertama mereka. Hari-hari hacking Wozniak dihabiskan dalam proyek-proyek yang legalitasnya dipertanyakan. Hasil penjualan dari Bluebox yang ia buat dengan kalkulator milik Wozniak dan mobil van milik Jobs, mereka membuat Apple I. Dengan kemahiran marketing mereka kini memiliki perusahaan komputasi besar di dunia.

4. Robert Morris
Robert Morris Hacker Paling Terkenal di Dunia

Ketika kuliah pasca sarjana di Universitas Cornell, Morris menciptakan caranya sendiri untuk memperoleh ketenaran. Ia membuat worm sebagai upaya untuk mengukur internet saat ini. Setelah dirilis pada 2 November 1988, worm tersebut berhasil menginfeksi 6.000 sistem (10% dari komputer yang terhubung ke internet saat itu). Worm tersebut dibuat untuk tidak membahayakan, tetapi karena adanya kesalahan dalam algoritma replikasinya, worm tersebut menyalin dirinya sendiri dengan cepat dan menyebabkan beban berlebihan pada sistem. Pada 1989, Morris menjadi orang pertama yang dikenakan dakwaan undang-undang penipuan dan meyalah gunakan komputer.

5. Mark "Phiber Optic" Abene
Mark Abene Hacker Paling Terkenal di Dunia

Abene adalah seorang member dari Hacker Master of Destruction, ia mengacak-acak sistem AT&T. Ketika sistem telepon AT&T crash, membuat 60.000 pelanggan tidak dapat menggunakan telepon selama lebih dari 9 jam. Agen rahasia kemudian mengunjunginya dan menyita seluruh peralatannya. Abene adalah hacker pertama yang didakwa berat atas perusakan komputer tingkat pertama, kemudian membawanya harus menjalani hukuman penjara 1 tahun dipenjara federal.

6. Kevin "Dark Dante" Poulsen
Kevin Poulsen Hacker Paling Terkenal di Dunia

Poulsen dianggap sebagai pelaku hacking paling menyita perhatian media saat itu, berawal dari sebuah kontes radio yang diadakan oleh KIIS-FM menjanjikan akan memberikan hadiah sebuah mobil Porsche 944 S2 bagi penelepon ke-102. Diantara sekian banyak pendengar di Los Angeles, Poulsen mengambil alih seluruh jaringan telepon untuk memastikan bahwa dirinyalah yang akan menjadi penelepon ke-102. Karena sabotase tersebut, Poulsen kemudian menjadi buronan FBI. Kemudian membuat Poulsen masuk dalam acara TV populer "Unsolved Misterious", namun hotline acara tersebut mengalami crash yang diduga dilakukan oleh Poulsen.

Pada tahun 1991, poulsen akhirnya tertangkap dan didakwa atas beragam penipuan komputer, pencucian uang dan pelanggaran hukum. Yang menarik, selama di dalam penahanan, Poulsen dimintai bantuannya untuk pemecahan kasus cybercrime. Diberitakan tidak kurang dari 180 kasus terpecahkan berkat bantuannya, bahkan mampu menangkap seorang predator seksual di MySpace.

7. Kevin Mitnick
Kevin Mitnick Hacker Paling Terkenal di Dunia

Kevin Mitnick adalah salah seorang hacker terkenal dalam sejarah komputer, dia hacker pertama yang masuk kedalam daftar orang paling dicari FBI. Sebagai master social enginering, Mitnick tidak hanya melakukan hacking komputer saja, ia juga melakukan hacking pada pikiran orang. Ketika berusia 16 tahun (1979), ia melakukan hack ke dalam sistem komputer dan menyalin perangkat lunak berbayar. Ia melibatkan diri sebagai admin, dan menipu para pengguna melalui panggilan telepon atau pesan email untuk mendapatkan password dan informasi keamanan lainnya. Setelah dua setengah tahun buron, Mitnick akhirnya tertangkap dan dipenjara selama lima tahun. Setelah lama bebas, kini ia mendirikan Mitnick Security Consulting LLC yang bergerak dibidang konsultasi keamanan komputer.

8. Tsutomo Shimomura
Tsutomo Shimomura Hacker Paling Terkenal di Dunia

Tidak semua hacker adalah Black-Hat. Shimomura misalnya, ia adalah white-hat yang dihormati karena keberhasilannya melacak keberadaan Kevin Mitnick. Pada tahun 1994, Mitnick mencuri beberapa file pribadi Shimomura dan mendistribusikannya secara online. Termotivasi oleh balas dendam, Shimomura kemudian membuat teknik penjejakan dial untuk menemukan lokasi Mitnick. Berkat informasi dari Shimomura, FBI akhirnya berhasil menangkap Mitnick.

9. Richard Stallman
Richard Stallman Hacker Paling Terkenal di Dunia

Richard Stallman adalah mahasiswa pasca sarjana dan programmer di MIT's Artificial Intelligence Labs yang sering terlibat dengan kultur hacking yang kaya di MIT. Sebagai pembela segala hal tentang Open Source, Stallman melawan ketika MIT menginstall sistem password pada jurusan Ilmu Komputer mereka. Ia kemudian melakukan deskripsi password pengguna dan mengirim balik password tersebut dalam bentuk plain text, dan menyarankan mereka mengosongkan password agar orang lain dapat menggunakan sistem yang sama. Hal tersebut adalah sesuatu yang sangat rumit dan tidak mudah dengan kecepatan komputer tahun 1970.

Pada tahun 1980, Stallman merasa tidak suka dengan sifat ekslusif yang dianut oleh kebanyakan manufaktur untuk perangkat lunak yang digunakan. Ia kemudian merintis lisensi publik umum GNU (GPL) dan sistem operasi GNU, sebuah sistem operasi mirip Unix yang sepenuhnya kompatibel dengan sistem Unix.

10. Linus Torvalds
Linus Torvalds Hacker Paling Terkenal di Dunia

Seperti halnya Stallman, Linus Torvalds juga seorang hacker white-hat. Hackingnya dimulai dengan mesin Commodore VIC-20 kuno dan Sinclair QL, yang kemudian ia modifikasi sendiri. Pada mesin QL tersebut ia membuat program Text Editor dan sebuah kloning Pac-Man yang diberi nama Coolman. Pada tahun 1991,ia memiliki PC Intel 80836 untuk membuat Linux dan mendapat lisensi terbatas atas namanya sendiri. Torvalds awalnya tidak berniat meneruskan kerjanya membangun kernel, karena dianggapnya sebagai hoby saja. Namun seiring waktu, justru Linux kini menjadi salah satu sistem operasi terkenal dan paling aman yang pernah ada di dunia.
Beri Kami +1 Agar Terus Semangat Menulis Untuk Anda :

Title : 10 Hacker Paling Terkenal di Dunia
Hati-Hati Jika ingin Copy-Paste (15 Blog Sudah TERHAPUS Akibat DMCA Takedown)..!
Pastikan Menyertakan Link Aktif Dofollow Dengan URL :
http://odyckdnero.blogspot.com/2013/04/10-hacker-paling-terkenal-di-dunia.html

Related Post

0komentar:

Post a Comment

*Silahkan tinggalkan komentar, saran atau kritik sesuai topik untuk kemajuan blog ini.
*Komentar anda secepat mungkin direspon, karena saya tidak selalu online.
*KOMENTAR TIDAK SOPAN, BERIKLAN, VULGAR, MELECEHKAN, SARA atau PROVOKATIF akan dianggap SPAM, dan berakhir di Tong Sampah..!!!