10 Negara Terkaya di Dunia

daftar Negara Terkaya di Dunia
Majalah Forbes melansir 10 negara terkaya di dunia, peringkat tersebut berdasarkan penghitungan PDB (Product Domestic Bruto) perkapita dari IMF (International Monetary Found) yang disesuaikan dengan daya beli bagi 182 negara.

Seperti yang dikutip dari ucapan Gian Luca Clementi, seorang Profesor Ekonomi dari New York University kepada Forbes "Hal ini pada dasarnya, satu-satunya cara kita harus membandingkan PDB antar negara". Berikut ini,

10 Negara Terkaya di Dunia

1. Qatar

Negara yang terletak di daerah Teluk Persia ini berpenduduk 1,7 juta jiwa. Negara ini memiliki cadangan gas alam terbesar ke-3 di dunia, dan sebagian besar sudah diinvestasikan untuk kebutuhan ekspornya. Qatar sangat diuntungkan dengan harga minyak yang melambung tinggi. Awal tahun 2013 diperkirakan PDB perkapita mencapai US$ 93.400.

2. Luxembourg

Luxembourg yang dijuluki sang "Ikan Kecil Perkasa" adalah negara terkaya ke-2 dengan daya beli PDB perkapita di atas US$ 84.829. Negara dengan penduduk hanya mencapai setengah juta jiwa ini menjadi pusat keuangan di paru ke-2 abad 20. Sebagian berkat kerahasiaan hukum perbankan yang sangat ketat dengan reputasi "surganya pajak".

3. Singapura

Tetangga Indonesia ini menjadi negara terkaya berikutnya, dengan pendapatan perkapita masyarakatnya sebesar hampir US$ 59.936. PDB Singapura didapat dari sektor teknologi, manufaktur dan finansial.

4. Norwegia

Produksi minyak bumi yang sebagian besarnya untuk kebutuhan ekspor sekaligus sebagai kontribusi pendapatan utama bagi negara ini, Norwegia mencatat PDB perkapita mencapai US$ 53.376. Norwegia juga merupakan salah satu negara eksportir gas terbesar dunia.

5. Brunei Darussalam

Negara yang terletak di Pulau Kalimantan ini menempati posisi ke-5, penghasilan utama didapat dari minyak bumi dan ladang gas alam yang sangat luas. PDB perkapita diperkirakan lebih dari US$ 50.517.

6. Hongkong

Forbes menempatkan Hong Kong di posisi ke-6 dengan pendapayan perkapita yang mencapai US$ 49.342, dengan pemasukan dari berbagai sektor industri maju dan finansial.

7. Uni Emirat Arab

Salah satu negara penghasil minyak terbesar di dunia. Forbes memilih UEA karena memiliki PDB perkapita yang mencapai US$ 48.597.

8. Amerika Serikat

Negara super-power ini menempati posisi ke-8 sebagai negara terkaya di dunia, tercatat memiliki PDB perkapita mencapai US$ 48.147.

9. Swiss

Negara yang identik dengan coklat ini menempati posisi ke-9 dengan PDB perkapita mencapai US$ 43.508.

10. Belanda

Negara yang pernah menjajah Indonesia selama 350 tahun ini memiliki PDB sebesar US$ 42.330. Hehe....pantas saja kaya, nenek moyangnya selama 350 tahun merampas dan memeras hasil kekayaan bumi Indonesia (kalau dibalik, kira-kira perasaan si Belanda gimana ya..?). Namun kekayaan yang sebenarnya tidak hanya dinilai dengan banyaknya uang yang dimiliki, tapi kekayaan alam dan sumber daya manusia juga sangat menentukan.
Beri Kami +1 Agar Terus Semangat Menulis Untuk Anda :

Title : 10 Negara Terkaya di Dunia
Hati-Hati Jika ingin Copy-Paste (15 Blog Sudah TERHAPUS Akibat DMCA Takedown)..!
Pastikan Menyertakan Link Aktif Dofollow Dengan URL :
http://odyckdnero.blogspot.com/2013/02/10-negara-terkaya-di-dunia.html

Related Post

0komentar:

Post a Comment

*Silahkan tinggalkan komentar, saran atau kritik sesuai topik untuk kemajuan blog ini.
*Komentar anda secepat mungkin direspon, karena saya tidak selalu online.
*KOMENTAR TIDAK SOPAN, BERIKLAN, VULGAR, MELECEHKAN, SARA atau PROVOKATIF akan dianggap SPAM, dan berakhir di Tong Sampah..!!!