10 Virus Komputer Berbahaya

Virus komputer berbahaya
Ada saja ulah manusia, terkadang kepintaran disalah gunakan untuk tujuan merugikan orang lain. Seperti menciptakan virus komputer berbahaya dengan tujuan menghancurkan komputer orang lain. Berbagai layanan program antivirus juga mulai banyak berkembang, semakin banyak juga virus yang tercipta. Mungkin sebuah
permainan, atau mungkin sebuah simbiosis mutualisme...entahlah. Berikut,

10 Virus Komputer Paling Berbahaya di Dunia

10. Mellisa

Dibuat pada 1999 oleh David L Smith, basicnya Microsoft Word Macro. Menyebar via email dengan dokumen "Here is that document you asked for, don't show it to anybody else". Jika sampai dibuka, virus ini akan replikasi dan otomatis terkirim ke top 50 di address book email. Smith akhirnya dipenjara 20 bulan dengan denda US$ 5.000 serta dilarang mengakses komputer tanpa pengawasan.

9. Iloveyou

Virus berbentuk worm, program standalone yang dapat mereplikasi dengan sendirinya. Menyebar via email, judulnya "surat cinta" dari pengagum rahasia. Original filenya LOVE-LETTER-FOR-YOU.TXT.vbs. VBS (Visual Basic Scripting) penciptanya adalah Onel de Guzman dari Philipina.

8. The Klez

Kemuculannya hampir bersamaan dengan beberapa virus di atas, yaitu pada 2001. Penyebarannya juga melalui email, replikasi kemudian terkirim ke semua orang yang terdapat di address book, mengakibatkan komputer semakin lambat bahkan tidak bisa beroperasi, dan mematikan program antivirus.

7. Code Red & Code Red II

Muncul pada musim panas 2001, menyerang OS windows 2000 & NT. Virusnya menyebabkan buffer penuh sehingga menghabiskan memori. Serangan besarnya terjadi ketika berhubungan dengan White House, semua komputer yang terkena inveksi virus ini secara otomatis akan akses ke web server di White House secara bersamaan. Akibatnya terjadi overload atau serangan DDOS, sebelum akhirnya microsoft merilis patched-nya.

6. Nimda

Muncul pada 2001, nama virus ini kebalikan dari "Admin". Penyebarannya sangat cepat, menurut TruSecure CTO Peter Tippet "Nimda hanya butuh 22 menit untuk menjadi top ten virus berbahaya". Targetnya server-server internet, Nimda akan membuat backdoor ke OS, Nimda juga menjadi DDOS.

5. SQL Slamer/Saphire

Muncul pada Januari 2003, kemudian menyebar cepat lewat internet. Akibatnya layanan ATM Bank Amerika crash, hancurnya layanan 911 Seattle, dan Continental Airlines membatalkan penerbangan karena error check in dan ticketing. Akibat serangan virus SQL Slamer, kerugian diperkirakan mencapai lebih dari US$ 1 milyar sebelum akhirnya di-patched.

4. MyDome (Novarg)

Mulai menyerang pada 1 Februari 2004, virus ini membuat backdoor di OS. MyDome menyebar via email, dan di search engines. Google mulai menerima jutaan permintaan pencarian  yang membuat lambat sampai akhirnya crash. Karena MyDome, Senator US Chuck Schumer mengajukan pembuatan National Virus Response Center.

3. Sasser and Netsky

Virus ini diciptakan oleh Sven Jaschan, remaja 17 tahun dari Jerman. Sasser menyerang Microsoft Windows dengan menyebar melalui via koneksi komputer ke komputer. Virus berbahaya ini membuat komputer tidak bisa shutdown tanpa mencabut power. Sedangkan Netsky menyebar melalui email dengan 22 Kb attachment file dan jaringan windows, dan membuat serangan DOS.

2. Leap-A/Oompa-A

Mac yang punya konsep security throught obscurity yakin tidak akan terserang virus, karena OS-nya menanamkan sistem tertutup. Namun di tahun 2006, virus Leap-A atau biasa disebut Oompa-A menyebar lewat iChat pada Mac. Setelah Mac terserang virus, kemudian virus akan mencari kontak melalui iChat dan mengirimkan pesan ke setiap kontak. Pesannya berisi file corrupt yang berbentuk JPEG. Memang tidak berbahaya, namun hal ini menyatakan bahwa masih memungkinkan akan ada virus lebih berbahaya yang menyerang Mac.

1. Storm Worm

Strom Worm adalah program trojan horse yang muncul ditahun 2006, disebut Storm Worm karena menyebar via email dengan judul "230 dead as strom batters Europe". Virus ini biasa digunakan oleh hacker untuk spam mail melalui internet, beberapa versinya terus berkembang hingga sekarang dan menyerang banyak komputer yang berakibat komputer menjadi bots.
Beri Kami +1 Agar Terus Semangat Menulis Untuk Anda :

Title : 10 Virus Komputer Berbahaya
Hati-Hati Jika ingin Copy-Paste (15 Blog Sudah TERHAPUS Akibat DMCA Takedown)..!
Pastikan Menyertakan Link Aktif Dofollow Dengan URL :
http://odyckdnero.blogspot.com/2013/02/10-virus-komputer-berbahaya.html

Related Post

0komentar:

Post a Comment

*Silahkan tinggalkan komentar, saran atau kritik sesuai topik untuk kemajuan blog ini.
*Komentar anda secepat mungkin direspon, karena saya tidak selalu online.
*KOMENTAR TIDAK SOPAN, BERIKLAN, VULGAR, MELECEHKAN, SARA atau PROVOKATIF akan dianggap SPAM, dan berakhir di Tong Sampah..!!!