Senapan Terbaik di Dunia

Senapan merupakan jenis senjata api dengan desain laras dan gagang senjata berukuran panjang. Dengan laras yang dibuat panjang bertujuan untuk meminimalkan tingkat keliaran peluru ketika ditembakkan, sehingga tingkat akurasi tembakan makin maksimal. Desain gagang yang panjang atau biasa disebut "Popor Senapan" juga sangat membantu keseimbangan saat membidik, sekaligus untuk menahan getaran tembakan.

Sejarah awal penemuan senapan muncul ketika meriam sudah tidak lagi efektif pada serangan jarak dekat dalam pertempuran, dan senjata tajam juga dianggap terlalu lamban dalam serangan yang cepat. Pada awal abad ke-16, meriam dikembangkan dan dibuat dengan ukuran sekecil untuk mendapat bobot seringan mungkin. Dari sinilah berawal ide pembuatan senapan dan pistol muncul, namun masih dengan bentuk yang sangat sederhana.

Seiring perjalanan waktu, pengembangan terus dilakukan pada senapan untuk membuat senjata ini menjadi lebih baik, lebih efektif dan pastinya lebih mematikan. Para produsen senjata bersaing ketat meraih pasar dan memamerkan produk terbaiknya. Entah sudah berapa banyak darah menetes dan nyawa hilang seiring ditemukan bentuk senapan hingga seperti saat ini. Benar-benar dilema dunia yang terjadi antara manusia dengan temuannya. Berikut ini,

Daftar Senapan Tempur Terbaik di Dunia

10. Senapan Mesin Steyr AUG

Steyr AUG Senapan Terbaik di Dunia
Steyr AUG diperkenalkan pada 1977, desain bentuknya sangat radikal dibanding senapan pada umumnya. Mengusung konfigurasi Bull-Pup yang radikal, yaitu penempatan sebagian besar sistem berada di belakang pelatuk. Sehingga menghasilkan senjata yang ringkas dan mudah digunakan.

Data Senapan Mesin Steyr AUG

Tipe : Senapan serbu Bull-Pup otomatis dan semi-otomatis
Produsen/Asal : Austria
Kaliber : 5,56 x 45 mm (22 inchi)
Kapasitas Peluru : 30 dan 42 peluru
Kecepatan Moncong : 3.084 kaki/detik
Rata-Rata Tembakan : 650 peluru/menit

9. Senapan Mesin Sturmgewehr 44 atau STG 44

Sturmgewehr 44 atau STG 44Senapan Terbaik di Dunia
Senapan Sturmgewehr 44/STG 44 dibuat oleh para pengembang senjata Jerman sebagai jawaban terhadap kekalahan senapan Mauser K98k Bolt-Action yang digunakan army Jerman ketika melawan senapan otomatis pasukan Russia. Meski kehadiran Sturmgewehr 44/STG 44 dinilai terlambat, namun desainnya yang revolusioner merupakan kunci kesuksesan dan inovasi baru dizamannya. Dengan peluru 7,92 mm sangat mendukung Sturmgewehr 44/STG 44 tembakan otomatis dan efektif, sekaligus memungkinkan membawa lebih banyak amunisi.

Data Senapan Mesin Sturmgewehr 44/STG 44

Tipe : Senapan serbu otomatis atau semi-otomatis
Produsen/Asal : Jerman
Kaliber : 7,92 x 33 mm
Kapasitas Peluru : 30 peluru
Kecepatan Moncong : 2.133 kaki/detik
Rata-Rata Tembakan : 500 peluru/menit

8. Senapan Mesin FN FAL

FN FAL Senapan Terbaik di Dunia
FN FAL atau singkatan dari Fabrique Nationale Fusil Automatique Leger yang artinya senapan otomatis ringan adalah senapan buatan perusahaan senjata FN Belgia, perusahaan yang dikenal sebagai pembuat pistol terbaik dunia. Senapan ini dikembangkan pada masa Perang Dingin, dan digunakan oleh negara-negara anggota NATO.

Data Senapan Mesin FN FAL

Tipe : Senapan otomatis
Produsen/Asal : FN Belgia
Masa Penggunaan : 1953 - Perang Dingin, Perang Vietnam, Perang Falklands
Kaliber : 7,62 x 51 mm standar NATO
Kapasitas Peluru : Kotak magasin 20 peluru
Panjang : 1090 mm (panjang laras 533 mm)
Berat : 4,0 kg - 4,45 kg
Kecepatan Moncong : 2.700 kaki/detik
Rata-Rata Tembakan : 650 peluru/menit
Jarak Efektif : 600 m
Jumlah Produksi : Di atas 1 juta

7. Senapan Mesin M14

M14 Senapan Terbaik di Dunia
M14 adalah senapan tempur selective-fire buatan Amerika Serikat yang menggunakan amunisi berkaliber 7,62 x 51 mm NATO. Meskipun M14 sudah digantikan oleh senapan serbu M16, namun sampai sekarang M14 masih digunakan oleh sebagian pasukan Amerika Serikat. M14 juga menjadi dasar senapan runduk M21 dan XM25.

Data Senapan Mesin M14

Tipe : Senapan tempur
Produsen/Asal : Amerika Serikat
Masa Penggunaan : 1957 -
Pengguna : US, Estonia, Israel, Latvia, Philipina, Turki, Taiwan, Venezuela, Yunani
Tahun Pembuatan/Diproduksi : 1954 - 1964
Jumlah Produksi : 1,38 juta
Varian : M21 dan XM25

Spesifikasi Senapan Mesin M14

Kaliber : 7,62 x 51 mm NATO
Kecepatan Moncong : 2.800 kaki/detik
Rata-Rata Tembakan : 700-750 peluru/menit
Amunisi : Kotak magasin 20 butir
Jarak Efektif : 500 yard (460 m)
Panjang : 1.118 mm
Panjang Laras : 559 mm
Berat : 4,5 kg

6. Senapan Mesin M16

M16 Senapan Terbaik di Dunia
Pada awal 1960, berbagai kemajuan varian merek dan model inovatif senapan telah diproduksi di dunia. Namun rata-rata masalah yang timbul dari senapan-senapan tersebut, yaitu sering terjadi kemacetan saat digunakan. Masalah kemacetan pada senapan saat ditembakkan menjadi masalah serius, karena akan sangat menggangu akurasi dan efektifitas senjata itu sendiri. Tiap produsen terus melakukan pengembangan untuk mengatasi masalah tersebut.

Ditahun yang sama, Amerika Serikat menjawab masalah yang dihadapi sebagian besar senapan saat itu dengan memperkenalkan senapan M16. Berbeda dengan senapan kompetitornya, M16 membuktikan kehandalannya mampu mengatasi masalah kemacetan tersebut saat latihan ataupun bertempur. Fitur inovatif lainnya meliputi bahan campuran plastik dan logam ringan, sistem reload yang mudah, serta penggunaan peluru kaliber 5,56 mm. Pengembangan senapan M16 menghasilkan senapan serbu ringan untuk menggantikan M1 dan M14.

Data Senapan Mesin M16

Tipe : Senapan serbu otomatis atau semi-otomatis
Produsen/Asal : USA
Tahun Pembuatan : 1960
Kaliber : 5,56 x 45 mm
Kapasitas Peluru : 20-30 butir peluru
Kecepatan Moncong : 3.281 kaki/detik
Rata-Rata Tembakan : 700-950 peluru/menit

5. Senapan M1 Garand

M1 Garand Senapan Terbaik di Dunia
Di akhir Perang Dunia II, M1 Garand adalah alat perang paling hebat yang pernah diciptakan. Senapan semi-otomatis pertama yang paling sukses dalam akurasi. Lebih dari 6 juta senapan M1 Garand telah diproduksi dan sangat mendominasi medan perang. Penggunaan senapan tersebut dipensiunkan pada akhir 1960 dan telah digantikan oleh senapan M16.

Data Senapan M1 Garand

Tipe : Senapan semi-otomatis
Produsen/Asal : USA
Kaliber : 7,62 x 63 mm
Kapasitas Peluru : 8 peluru
Kecepatan Moncong : 2.832 kaki/detik
Rata-Rata Tembakan : 30 peluru/menit

4. Senapan Springfield 1903

Springfield 1903 Senapan Terbaik di Dunia
Akibat performa buruk pada senapan Krag-Jorgensen buatan Norwegia yang dipakai tentara Amerika pada perang Amerika-Spanyol membuat para perancang senjata terus melakukan pengembangkan untuk mendapat senjata yang jauh lebih baik. Dengan mengadaptasi senapan Mauser 98 milik Jerman, Amerika Serikat berhasil menciptakan senapan dengan magasin yang fenomenal, yaitu Springfield.

Senapan Springfield 1903 mampu melakukan tembakan sangat akurat dari jarak 700-800 yar. Senapan ini dengan cepat mendapat reputasi sebagai salah satu senjata api terbaik dan paling menakutkan untuk serangan jarak jauh. Springfiled 1903 terus digunakan pada Perang Dunia II, Perang Korea, sampai Perang Vietnam sebagai senjata standar para sniper.

Data Senapan Springfiled 1903

Tipe : Senapan Bolt-Action
Produsen/Asal : Amerika Serikat
Kaliber : 7,62 x 63 mm
Kapasitas Peluru : 5 peluru
Kecepatan Peluru : 2.700 kaki/detik
Rata-Rata Tembakan : 10 peluru/menit

3. Senapan Lee-Enfield SMLE

Lee-Enfield SMLE Senapan Terbaik di Dunia
Lee-Enfield SMLE merupakan senapan standar angkatan darat Inggris (Royal Army) pada Perang Dunia I hingga krisis Suez. Reputasi senapan ini terkenal karena tingkat akurasi yang tinggi dan jumlah tembakan permenit yang fenomenal. Magasinnya membawa 10 peluru, jumlah terbanyak dari senapan serbu apapun pada zamannya. Di tangan tentara yang sangat terlatih, Lee-Enfield dapat memuntahkan 30 peluru dengan jarak target 200 meter dalam satu menit. Jumlah tembakan yang dapat menandingi senapan semi-otomatis modern.

Data Senapan Lee-Enfield SMLE

Tipe : Senapan Bolt-Action
Produsen/Asal : Inggris
Kaliber : 7,7 x 56 mm (30 inchi)
Kapasitas Peluru : 10 butir peluru
Kecepatan Moncong : 2.438 kaki/detik
Rata-Rata Tembakan : 15-20 peluru/menit

2. Senapan Mauser K98k Carbine

Mauser K98k Carbine Senapan Terbaik di Dunia
Mauser diproduksi pertama kali pada akhir abad 19. Dengan fitur bolt-action, senapan dapat diisi dengan magasin dan tidak menimbulkan asap dari serbuk mesiu ketika senapan ditembakkan. Sebuah inovasi senapan yang sempurna pada masanya. Sehingga produk Mauser 98 menjadi ide dasar senapan berburu saat ini.

Senapan Mauser 98 menjadi senapan yang sangat populer, sehingga permintaan akan penggunaan senjata ini semakin meningkat. Dampaknya pada Perang Dunia I, untuk memenuhi persenjataan pasukan perang mendorong produksi senapan Mauser 98 secara besar-besaran. Seiring berjalannya waktu, berbagai pengembangan terus dilakukan untuk membuat senapan tersebut menjadi lebih ringan dan semakin baik untuk digunakan.

Tahun 1930-an, pengembangan tersebut melahirkan senapan Mauser K98k Carbine yang jauh lebih baik, lebih ringan, dan bidikan lebih akurat. Jerman kemudian mempersenjatai ulang pasukannya dengan senapan Mauser K98k Carbine untuk menggantikan senapan Mauser 98. Hingga kini, Mauser K98k dikenal sebagai senjata terbaik yang pernah ada.

Data Senapan Mauser K98k Carbine

Tipe : Senapan Bolt-Action
Produsen/Asal : Jerman
Kaliber : 7,92 x 57 mm (30 inchi)
Kapasitas Peluru : 5 Peluru
Kecepatan Moncong : 2.822 kaki/detik
Rata-Rata tembakan : 10-15 peluru/menit

1. Senapan Mesin AK-47

AK-47 Senapan Terbaik di Dunia
AK-47 atau singkatan dari Avtomat Kalashnikova 1947 adalah jenis senapan serbu yang dirancang oleh Mikhail Kalashnikov, dan diproduksi oleh perusahaan senjata IZhMASh Russia. Senjata ini digunakan oleh banyak negara Blok Timur, dan menjadi senapan standar tentara Uni Soviet pada masa Perang Dingin.

Semenjak Perang Dunia II usai, senapan AK-47 termasuk salah satu senapan serbu pertama yang diproduksi paling banyak hingga saat ini. Jika dibandingkan dengan senapan yang digunakan semasa Perang Dunia II, AK-47 memiliki ukuran lebih kecil dan lebih ringkas dengan pilihan tembakan yang dapat disesuaikan.

Data Senapan Mesin AK-47

Tipe : Senapan serbu
Perancang : Maikhail Klashnikov
Produsen/Asal : IZhMASh Russia
Tahun Pembuatan : 1947
Masa Penggunaan : 1949 -
Pengguna : Uni Soviet
Jumlah Produksi : 100 juta lebih
Berat : rata-rata 4,2 kg
Varian : AK-47, AKS-47, RPK, AKM, AKMS, AKMSU, AK-74, AK-101, AK-103, AK-107/108.

Senapan Mesin AK-47 (7,62 x 39 mm, 1948-1951). Model awal yang menggunakan receiver stamping tipe 1 dan sudah sangat langka. Versi lain dari Senapan Mesin AK-47 (7,62 x 39 mm, 1952), sudah menggunakan receiver machined dengan popor dan gagang dari kayu, laras dan rumahan peluru dilapis krom untuk mencegah korosi.

Senapan Mesin AKS-47

Versi AK-47 dengan menggunakan popor lipat ke bawah yang mirip dengan popor pada senapan MP40 buatan Jerman.

Senapan Mesin RPK

RPK Senapan Terbaik di Dunia
Senapan mesin dengan kaliber 7,62 x 39 mm, laras yang lebih panjang dan bipod (dua kaki penyangga).

Senapan Mesin AKM

AKM Senapan Terbaik di Dunia
Desain lebih sederhana dari AK-47, dengan kaliber peluru 7,62 x 39 mm dan menggunakan receiver tipe 4 yang terbuat dari logam stamping. Karena menggunakan receiver yang lebih ringan, berat total senjata menjadi 3,61 kg.

Senapan Mesin AKMS

AKMS Senapan Terbaik di Dunia
Versi AKM yang menggunakan popor lipat ke bawah atau ke samping, kaliber peluru 7,62 x 39 mm.

Senapan Mesin AKMSU

AKMSU Senapan Terbaik di Dunia
Versi AKM yang lebih pendek, dengan kaliber peluru 7,32 x 39 mm, panjang laras 35 cm. Desain popor dapat dilipat ke bawah.

Senapan Mesin AK-74

AK-74 Senapan Terbaik di Dunia
Versi terbaru dari AK-47 dengan desain lebih kompleks untuk menggantikan senapan AK-47, kaliber peluru 5,45 x 39 mm atau 7,62 x 39 mm 1978).
Spesifikasi Senapan Mesin AK-74
Berat : 4,3 kg
Panjang : 870 mm (34 1/4 inchi), panjang laras 415 mm (16,3 inchi)
Magasin : 5,45 x 39 mm atau 7,62 x 39 mm
Mekanisme : Operasi gas, bolt berputar dengan rata-rata tembakan 600 butir/menit.
Kecepatan peluru : 710 m/detik dengan jarak efektif 300 m
Amunisi : Kotak Magasin 30 butir, kotak magasin RPK 40 butir, drum magasin RPK 75 butir
Kemudian menyusul beberapa varian terbaru yang telah disesuaikan dengan selera pasar, namun tetap dengan mengadopsi senapan mesin AK-74. antara lain

Senapan Mesin AK-101

AK-101 Senapan Terbaik di Dunia
Kaliber peluru 5,56 x 45 mm

Senapan Mesin AK-103

AK-103 Senapan Terbaik di Dunia
Kaliber peluru 7,62 x 39 mm

Senapan Mesin AK-107/108

AK-107_108 Senapan Terbaik di Dunia
Beri Kami +1 Agar Terus Semangat Menulis Untuk Anda :

Title : Senapan Terbaik di Dunia
Hati-Hati Jika ingin Copy-Paste (15 Blog Sudah TERHAPUS Akibat DMCA Takedown)..!
Pastikan Menyertakan Link Aktif Dofollow Dengan URL :
http://odyckdnero.blogspot.com/2013/08/senapan-terbaik-di-dunia.html

Related Post

2komentar:

Unknownsaid...

senapan mesin UZI, Berreta, Heckler, Koch, tidak masuk hitungan? mampir juga ya ke blog saya www.goocap.com

Unknownsaid...

thanks Gan kritiknya...senapan UZI beberapa kali sy pertimbangkan untuk masuk dlm post ini, nmun melihat track record masa penggunaan, tingkat produksi dan popularitasnya, UZI masih kalah jauh dengan 10 produk di atas. Sedangkan Heckler, Berreta dan Koch lebih populer bermain di pistol (post sebelumnya).

Post a Comment

*Silahkan tinggalkan komentar, saran atau kritik sesuai topik untuk kemajuan blog ini.
*Komentar anda secepat mungkin direspon, karena saya tidak selalu online.
*KOMENTAR TIDAK SOPAN, BERIKLAN, VULGAR, MELECEHKAN, SARA atau PROVOKATIF akan dianggap SPAM, dan berakhir di Tong Sampah..!!!