Membuat Teks Efek 3D di Photoshop

Membuat Teks Efek 3D Glossy di Photoshop
Tutorial berikut merupakan panduan sederhana cara membuat teks atau tulisan efek 3D di Photoshop. Bagi yang berpengalaman menggunakan Photoshop sudah tentu teknik ini tergolong sangat mudah, dan tidak sampai 5 menit untuk membuatnya. Namun, akan berbeda bagi pemula seperti saya yang masih membutuhkan panduan dan latihan berulang-ulang.

Dalam artikel ini saya mencoba memberi penjelasan seringkas mungkin dasar-dasar membuat efek teks trendy, agar sobat mudah memahami fungsi dan cara kerja setiap tool pada Photoshop. Sekaligus untuk memudahkan saya pada postingan berikutnya memberi tips dan trik yang singkat, mudah diingat dan tidak membingungkan sobat. Berikut ini, langkah-langkah membuat teks 3D :

1. Buat file baru (Ctrl + N) dengan ukuran screen 1024 px X 768px atau sesuai keinginan anda. Nilai resolusi 72 dan background warna putih, kemudian klik OK.

2. Pada menu tool, pilih Type Tool (T), Font style : Impact. Kemudian gunakan untuk membuat teks.

Membuat Teks Efek 3D di Photoshop
3. Sekarang klik Menu Layer > Ratersize > Type agar teks dapat diedit.

4. Klik menu Edit > Trasnform > Distort, Kemudian sesuaikan angle teksnya seperti pada gambar di bawah. Tekan Enter untuk menyudahinya.
Desain Teks Efek 3D Trendy di Photoshop
5. Kembali ke menu Layer > New > Layer Via Copy atau tekan Ctrl + J, sekarang akan terdapat layer copy 1. Geser teks pada layer copy menggunakan arrow pada keyboards ke atas sekali dan ke kanan sekali. Ulangi kembali step ini sampai 4 atau 6 layer copy, menggeser arah teksnya juga harus sama.

Membuat Tulisan Efek 3D di Photoshop

6. Sekarang klik kanan pada layer terakhir (layer paling atas) lalu pilih menu Blending Option > Gradient Overlay, atau bisa juga melalui menu bottom sidebar klik Add a Layer Style > Gradient Overlay.

Teks Efek Tiga Dimensi dengan Photoshop

Blend Mode : Normal, Opacity : 100%, Style : Linear, Angle : 90*, Scale : 100%
klik dan sesuaikan warna Gradient seperti pada Gambar. #4dbaf2, #04a7e0, #1979b6, #024e80, #7495b6

Kemudian klik sub menu Stroke dengan :

Teknik Desain Teks di Photoshop

Size : 2 px, Position : Inside, Blend Mode : Normal, Opacity : 100%, Fill Type : Color, Color : #045cbe

7. Zoom In pada layer teksnya, perhatikan setiap sudut bayangan teks seperti pada gambar (dilingkari merah) di bawah.
Desain Teks Trendy 3 Dimensi di Photoshop

Untuk menutup sudut bayangan teksnya agar terlihat menyatu seperti balok, caranya :
# Klik layer teks kedua terakhir, tepatnya di bawah layer yang kita warnai (warna gradient biru) tadi (segi empat merah pada gambar A di bawah).
# Klik dan pilih Polygonal Lasso Tool (L) (gambar B1), buat garis lurus di antara sudut-sudut teks bayangan tersebut (lihat gambar B2).

Efek Tulisan Glossy di Photoshop

# Sekarang gunakan Brush Tool (gambar B3), lalu beri warna (hitam) sesuai dengan bayangannya pada path area Polygonal Lasso Tool yang telah dibuat (gambar B2). Lakukan kembali step ini disetiap sudut teks bayangan yang ada. Maka hasilnya akan seperti pada gambar di bawah berikut (lihat lingkaran merah)

Teks Kemilau Efek 3D di Photoshop
8. Untuk memberi efek glossy pada teks. Silahkan tekan dan tahan Ctrl + klik pada thumbnail layer teks berwarna, maka teks berwarnanya dalam posisi terseleksi (no 1 pada gambar berikut).

Teks Tiga Dimensi Efek Glossy
Kemudian klik Make a New Layer > Blending Option > Gradient Overlay (no 2 pada gambar di atas) :
Blend Mode : Screen, Opacity : 75 %, Gradient : Foreground to Transparent (posisikan warna hitam untuk foreground), Style : Linear, Angle : 90*, Scale : 100%.

Desain Grafis Teks 3D

Kemudian klik menu Select > Modify > Contract : 2px, OK.

9. Masih di area layer glossy (layer paling atas). Sekarang klik Elliptical Marquee Tool (no 1 pada gambar dib bawah), buat area seleksi seperti pada gambar. Kemudian hapus bidang area seleksi tersebut menggunakan Eraser Tool (no 2 pada gambar),

Membuat Teks Efek 3D

maka hasilnya akhirnya akan seperti gambar di bawah berikut.
Logo Teks Odyckdnero Efek 3D di Photoshop
Cukup mudah bukan ? Untuk background dan efek gradasi bayangannya sengaja saya tidak tambahkan, karena saya ingin memberi panduan sederhananya saja dulu. Agar sobat mudah mengingat step by step trik ini ketika mencobanya nanti. Untuk hasil lainnya silahkan sobat kreasikan bentuk teks, fonts style, angle dan warnanya sesuai keinginan, agar mendapat hasil teks glossy dengan efek 3D atau tiga dimensi.
Beri Kami +1 Agar Terus Semangat Menulis Untuk Anda :

Title : Membuat Teks Efek 3D di Photoshop
Hati-Hati Jika ingin Copy-Paste (15 Blog Sudah TERHAPUS Akibat DMCA Takedown)..!
Pastikan Menyertakan Link Aktif Dofollow Dengan URL :
http://odyckdnero.blogspot.com/2013/08/membuat-teks-efek-3d-di-photoshop.html

Related Post

0komentar:

Post a Comment

*Silahkan tinggalkan komentar, saran atau kritik sesuai topik untuk kemajuan blog ini.
*Komentar anda secepat mungkin direspon, karena saya tidak selalu online.
*KOMENTAR TIDAK SOPAN, BERIKLAN, VULGAR, MELECEHKAN, SARA atau PROVOKATIF akan dianggap SPAM, dan berakhir di Tong Sampah..!!!