10 Negara Terkecil di Dunia

Negara dengan wilayah yang luas dan besar itu biasa, tapi bagaimana dengan negara yang memiliki wilayah kurang dari 1 km2 ?. Layaknya negara besar, negara-negara kecil tersebut juga memiliki sistem pemerintahan  yang tertata.

10 Negara Terkecil di Dunia


10. Republik Malta
Republik Malta Negara Terkecil di Dunia
Republik Malta adalah negara kepulauan yang terdiri dari lima pulau, dan tiga diantaranya berpenghuni. Negara dengan luas total 316 km2terletak di tengah-tengah Laut Tengah, dan termasuk dalam zona Eropa Selatan.

Letaknya yang strategis menjadikan negara ini selama berabad-abad lalu sering dijajah oleh berbagai penguasa. Kini Malta dikenal sebagai salah satu negara tujuan wisata.

9. Maldives
Maldives Negara Terkecil di Dunia

Negara kepulauan dengan luas wilayahnya 300 km2. Maldives (Republik Maladewa) terletak di Samudra Hindia atau sekitar 700 km arah barat daya dari Srilanka, negara ini terdiri dari kumpulan atol (terdapat 26 atol, 20 diantaranya atol administratif dan 1 kota). Negara ini terkenal dengan wisata pantainya yang indah, dan menjadikannya salah satu dari 10 wisata pantai terindah di dunia.

8. Saint Kitts and Nevis
Saint Kitts and Nevis Negara Terkecil di Dunia
Federation Saint Kitts and Nevis adalah negara kepulauan yang terletak di Kepulauan Leeward, Karibia. Luas total wilayahnya hanya 261 km2, dengan pemerintahan federalnya berada di Pulau Saint Kitts.
7. Marshall
Marshall Negara Terkecil di Dunia
Negara kepulauan Marshall terdiri dari 29 atol dan 5 pulau terpencil dengan total luas wilayahnya 181,30 km2. 2/3 populasinya tinggal di Atol Majuro (sekaligus nama Ibukota negara) dan Ebeye.

6. Leichtenstein
Leichtenstein Negara Terkecil di Dunia
Negara dengan ibukota Vadus ini memiliki luas wilayah 160 km2, dan terletak di tepi timur Sungai Rhein yaitu antara Austria dan Swiss. Segala urusan luar negeri Leichtenstein diurus oleh Swiss.

5. San Marino
San Marino Negara Terkecil di Dunia
Republik San Marino memiliki luas wilayah 61,20 km2 yang dikelilingi oleh Italia, dibagian utara berbatasan dengan provinsi Rimini (Emillia-Romagna) sedangkan sebelah selatan berbatasan dengan provinsi Pesaro dan Urbino (Marche).San Marino adalah negara republik konstitusional tertua di dunia, yang dibentuk pada 3 September 301 oleh Santo Marinus (tukang batu Kristiani yang kabur saat persekusi agama oleh kaisar Romawi Diocletian) dari Rab.

4. Tuvalu
Tuvalu Negara Terkecil di Dunia
Negara kepulauan dengan luas 26 km2, dulunya dikenal sebagai Kepulauan Ellice. Negara kepulauan ini terletak antara Hawaii dan australia di Samudra Pasifik. Titik tertinggi di kepulauan ini hanya 5 m di atas permukaan laut.

3. Nauru
Nauru Negara Terkecil di Dunia
Sebelumnya dikenal dengan nama Pleasant Island dengan luas wilayah 21 km2. Nauru adalah negara republik terkecil di dunia dan tidak memiliki ibukota resmi. Negara ini terkenal dengan hasil produksi fosfat yang telah ditambang oleh gabungan perusahaan asing sejak 90 tahun terakhir.

2. Monaco
Monaco Negara Terkecil di Dunia
Negara yang terletak di antara Laut Mediterania dan Perancis di sepanjang Pantai Biru (Cote d'Azur). Monaco termasuk negara kota dengan luas wilayahnya hanya 1,95 km2, menjadikannya negara dengan tingkat kepadatan penduduk terbesar ke-2 di dunia. Warna bendera Monaco memiliki kesamaan dengan bendera Indonesia, andai tingkat korupsi di Indonesia juga serendah Monaco...

1. Vatikan
Vatikan Negara Terkecil di Dunia
Siapa tidak kenal Kota Vatikan, negara kota yang dikenal sebagai tempat tinggal seorang Paus (pemimpin tertinggi umat Kristiani). Kota Vatikan atau nama resminya State of The Vatican City memiliki luas hanya 0,44 km2 dan berada di dalam kota Roma (ibukota Italia).
Beri Kami +1 Agar Terus Semangat Menulis Untuk Anda :

Title : 10 Negara Terkecil di Dunia
Hati-Hati Jika ingin Copy-Paste (15 Blog Sudah TERHAPUS Akibat DMCA Takedown)..!
Pastikan Menyertakan Link Aktif Dofollow Dengan URL :
http://odyckdnero.blogspot.com/2012/07/10-negara-terkecil-di-dunia.html

Related Post

0komentar:

Post a Comment

*Silahkan tinggalkan komentar, saran atau kritik sesuai topik untuk kemajuan blog ini.
*Komentar anda secepat mungkin direspon, karena saya tidak selalu online.
*KOMENTAR TIDAK SOPAN, BERIKLAN, VULGAR, MELECEHKAN, SARA atau PROVOKATIF akan dianggap SPAM, dan berakhir di Tong Sampah..!!!