11 Masjid Terbesar dan Termegah di Dunia

Informasi Unik Dunia Masjid Terbesar di Dunia
Seperti kita ketahui Masjid adalah bangunan suci bagi umat Islam sekaligus tempat ibadah untuk mendekatkan diri kepada Al-Khaliq. Tapi tahukah anda masjid-masjid terbesar dan termegah yang ada di dunia
ini? Berikut ini,

11 Masjid Terbesar dan Termegah di Dunia


11. Masjid Istiqlal di Jakarta, Indonesia
Masjid Istiqlal Indonesia
Masjid yang terletak di Jakarta, Ibukota Negara Indonesia. Dibangun di era Orde Lama, himgga kini masih menjadi masjid terbesar di Asia Tenggara. Istiqlal yang berarti 'Kemerdekaan", symbol kebebasan Indonesia dari tangan penjajahan.

10. Masjid Syeikh Zayed di Abu Dabi, UEA
Masjid Syeikh Zayed Uni Emirat Arab
Masjid ini mulai digunakan pada tahun 2007 dan nama masjid ini diambil dari nama Presiden pertama Uni Emirat Arab yaitu Syeikh Zayed bin Sultan Al Nahyan.Masjid ini didominasi dengan warna putih yang bersih dan terlihat sakral, kemudian pada area masjid tersebut pula terdapat makam Syeikh Zayed.

9. Masjid Biru di Istambul, Turki
Masjid Biru Turki
Masjid yang dibangun oleh Sultan Ahmed I pada tahun 1609 dan selesai pada tahun 1612. Sultan Ahmed I membangun Masjid Biru untuk menandingi bangunan Hagia Sopia (Gereja Bizantium sebelum jatuh ke Turki Otoman pada tahun 1453 M) buatan kaisar Bizantium yaitu Constatin I, Hagia Sopia berada satu blok dari Masjid Biru. Masjid Biru memiliki 6 menara, diameter kubah 23,5 m dengan tinggi kubah 43 m.

8. Masjid Jama/Jami' di New Delhi, India
Masjid Jama/Jami India
Sebuah masjid tua yang terletak di kota lama Delhi, India. Masjid yang dibangun pada tahun 1656 oleh Maharaja Mughal Shah Jahan sebelum membangun Taj Mahal.>Masjid ini selalu ramai oleh puluhan ribu jema'ah saat sholat Jum'at, dan akan sangat penuh sesak saat bulan Ramadhan.


7. Masjid Baitul Mukarram di Dhakka, Bangladesh
Masjid Baitul Mukarram Bangladesh

Masjid yang dibangun pada tahun 1960-an, dan terletak di jantung Ibukota Bangladesh yaitu Dhakka. Masjid ini akan sangat penuh pada bulan Ramadhan tiba, dengan kapasitas semula 30 ribu dan kini kapasitasnya diperbesar hingga dapat menampung 40 ribu jema'ah.

6. Masjid Badhshahi di Lahore, Pakistan
Masjid Badhshahi Pakistan

Masjid yang juga dikenal dengan nama Masjid Sultan, dan tepat berada di tengah bandar Lahore, Pakistan. Masjid ini pernah menjadi masjid terbesar di Asia Selatan sebelum Masjid Faisal direnovasi dengan kapasitas 100 ribu jema'ah mampu ditampungnya.

5. Masjid Hasan II di Pastor Paroki, Maroko
Masjid Hasan II Maroko
Masjid yang terdapat di Casablanca dan merupakan masjid terbesar di Maroko yang dirancang oleh Michel Pinseu seorang arsitek dari Francis.
Masjid ini memiliki ciri khas yaitu menara masjid tertinggi di dunia dengan tinggi lebih dari 210 meter yang menghadap langsung ke Samudra Atlantik.
Kapasitas masjid ini dapat menampung jema'ah hingga 105 ribu orang.

4. Masjid Faisal di Islamabad, Pakistan
Masjid Faisal Pakistan
Pernah menjadi masjid terbesar di dunia pada tahun 1986-1993 sebelum Masjidil Haram di renovasi, kini masjid tersebut menjadi masjid terbesar di Asia Selatan.Masjid Faisal adalah masjid kebanggaan Pakistan, mampu menampung 300 ribu jama'ah.

3. Masjid Imam Reza Shrine di Masyhad, Iran
Masjid Imam Reza Shrine Iran

Masjid terbesar ke-3 yang terdiri dari beberapa kompleks, seperti terdapat makam Imam Ridha (Imam ke-8 Syi'ah Imamiyah), Masjid Goharshad, Museum, perpustakaan, 4 seminari, Universitas Ilmu Islam Razavi, ruang makan bagi peziarah dan bangunan lainnya.

2. Masjid Nabawi di Madinah, Arab Saudi
Masjid Nabawi Madinah
Merupakan masjid paling afdol ke-2 setelah Masjidil Haram, dan mejadi salah satu dari 3 masjid utama bagi umat Muslim yaitu masjidil Haram dan Masjidil Aqsa di Baitulmuqaddis (Palestine).Di masjid ini pula terdapat makam Rasulullullah Sallallahu Alaihi Wassalam.

1. Masjidil Haram di Mekkah, Arab Saudi
Masjidil Haram Arab Saudi

Masjid yang pertama kali dibangun oleh Nabi Ibrahim Alaihissalam namun masih sangat sederhana, karena baru hanya Ka'bah saja yang dibangun. Masjid dengan bangunan Ka'bah di tengah-tengahnya yang menjadi pusat kiblat. Kini luas Masjidil Haram mencapai 4.008.020 meter persegi (990,40 ha) dan mampu menampung lebih dari 4 juta jamaah.
Selama 24 jam masjidil Haram tidak pernah sepi dan selalu ada yang melakukan ibadah. Masjid ini akan sangat ramai saat musim haji yaitu antara tanggal 8-15 bulan Zulhijjah menurut penanggalan Hijriyah.
Beri Kami +1 Agar Terus Semangat Menulis Untuk Anda :

Title : 11 Masjid Terbesar dan Termegah di Dunia
Hati-Hati Jika ingin Copy-Paste (15 Blog Sudah TERHAPUS Akibat DMCA Takedown)..!
Pastikan Menyertakan Link Aktif Dofollow Dengan URL :
http://odyckdnero.blogspot.com/2012/07/11-masjid-terbesar-dan-termegah-di-dunia.html

Related Post

0komentar:

Post a Comment

*Silahkan tinggalkan komentar, saran atau kritik sesuai topik untuk kemajuan blog ini.
*Komentar anda secepat mungkin direspon, karena saya tidak selalu online.
*KOMENTAR TIDAK SOPAN, BERIKLAN, VULGAR, MELECEHKAN, SARA atau PROVOKATIF akan dianggap SPAM, dan berakhir di Tong Sampah..!!!