10 SuperComputer Tercepat di Dunia

10 SuperComputer Tercepat di Dunia
Seberapa cepat komputer yang anda miliki ? Yang pasti komputer kita kalah cepat dengan supercomputer berikut, karena komputer-komputer berikut memang sengaja dirancang memiliki kemampuan yang super cepat. Sekedar
berbagi info saja, jika anda ingin tahu komputer-komputer yang memiliki kemampuan superman...maksud saya supercomputer.

10 Supercomputer Tercepat di Dunia


10. Jugene (Jerman)
SuperComputer Jugene
Komputer yang dirancang untuk konsumsi daya yang rendah serta kinerja tinggi, seperti mencoba untuk menentukan berapa DVD bekerja. Menurut Scientific Computing, itu meningkatkan pemahaman kita tentang "proses yang terlibat dalam menulis dan menghapus DVD", yang harus mengarah pada media penyimpanan yang bekerja lebih baik, berlangsung lebih lama dan menyediakan kapasitas yang lebih tinggi.


9. Kraken (US)
SuperComputer Kraken
Jika komputer anda ditanganani oleh mesin dengan 511 core artinya komputer anda akan sama cepat dengan Kraken. Institut Nasional Ilmu Komputasi melaporkan bahwa, supercomputer Cray memiliki 112.895 penghitung core yang tersebar di 9.408 node. Tujuannya untuk membantu memecahkan tantangan terbesar di dunia ilmiah, seperti memahami dasar-dasar materi dan membuka rahasia tentang asal usul alam semesta.

8. Roadrunner (US)
SuperComputer Roadrunner
Dibangun oleh IBM untuk Departement Energi AS yang diperuntukkan bekerja pada persenjataan nuklir AS hingga industri kedirgantaraan.

Pada tahun 2008 Roadrunner adalah supercomputer pertama memecahkan hambatan petaflop untuk kinerja yang berkelanjutan, namun dengan kecepatan 1,04 petaflop membuatnya bergeser ke posisi 7 dalam dua tahun terakhir.


7. Tera-100 (Francis)
SuperComputer Tera 100
Dibangun oleh Intel Xeon processor 7500 yang memiliki speed 20 tingkat lebih cepat dan 7 kali lebih hemat energi dibanding pendahulunya yaitu Tera 10 (2005). Misi Tera-100 untuk membantu menjamin keandalan nuklir Eropa.

Supercomputer skala petaflop pertama yang dirancang dan dibangun di Eropa ini cukup cepat, kapasitas untuk mentransfer informasi setara dengan 1 juta orang menonton film definisi tinggi secara bersamaan.

6. Hopper (US)
SuperComputer Hopper
Komputer yang bekerja pada hal-hal besar seperti perubahan iklim, energi bersih, astrofisika dan fisika partikel.
Departement Energi AS melalui Pusat Energi Komputasi Riset Ilmiah Nasional menawarkan layanan kepada 3.000 lebih peneliti dibidang penelitian Iklim, kimia, pengembangan material baru dan bidang penting lainnya


5. Tsubame 2.0 (Jepang)
SuperComputer Tsubame
Supercomputer dengan kinerja puncak pada 1,4 petaflop, namun itu hanya seperempat dari kekuatannya yang bergantubg pada Nvidia Fermi GPU serta sebagai Intel CPU. Menurut pemimpin proyek Profesor Satoshi Matsuoka "Tsubame benar-benar akan bersinar dalam prakiraan iklim dan cuaca, pemodelan dan simulasi biomolekuler tsunami".

4. Dawning Nebulae (China)
SuperComputer Dawning Nebulae
Diluncurkan pada awal 2010 menjadikannya supercomputer tercepat di dunia saat itu, dengan kinerja dari 1,27 petaflops. Namun dua tahun terakhir supercomputer Jaguar dan Tianhe-1A menggeser posisinya.

3. Jaguar (US)
SuperComputer Jaguar
Sebuah supercomputer Cray XT5-HE yang terletak di Oak Ridge National Laboratory, memiliki 224.162 core semenjak upgrade terbaru. Dengan sejumlah 6-core Opteron dan kinerja 1,76 petaflops menjadikannya sangat kuat dan cepat. Supercomputer ini digunakan untuk penelitian tidak berbintang.

2. Tianhe-1A (China)
SuperComputer Tianhe 1A
Supercomputer ini dapat berjalan pada 2,5 petaflops berkat 186.368 core dan 229.376 GB RAM. Sementara kecepatannya berasal dari off-the-rak- Intel dan chip Nvidia. Kecepatan utamanya adalah ke interkoneksi, teknologi jaringan yang menghubungkan node individu komputer bersama-sama yang dua kali lebih cepat teknologi Infiniband digunakan dalam supercomputer lainnya.


1. IBM Sequioa (US)
SuperComputer IBM Sequioa
Supercomputer tercepat di dunia saat ini, Sequioa diklaim memiliki kinerja lebih tinggi yaitu 16,32 petaflops dengan konsumsi daya lebih efisien yang hanya 7,09 megawatt. Sequioa dapat melakukan penghitungan super sulit yang bisa dilakukan oleh sekitar 6,7 milyar orang menggunakan kalkulator tangan selama 320 tahun.

IBM Sequioa menggunakan processor IBM Power QBC 16 core dengan kecepatan 1,6GHZ sebanyak 98.304 processor, jadi total core-nya sekitar 1,6 juta core.

Sequioa dibuat sebagai alat untuk melakukan simulasi uji coba senjata nuklir sebagai pengganti uji coba di dunia nyata. Untuk menguji ketahanan supercomputer IBM Sequioa, pihak Lawrence Livemore National Laboratory yang berada di bawah Departement Energi AS, telah menjalankan software Linpack selama 23 jam tanpa gagal 1 core pun denag efisiensi hingga 81%.

note : Petaflops adalah satuan operasi floating point per detik, 1 petaflops = 1000 triliyun floating point
Beri Kami +1 Agar Terus Semangat Menulis Untuk Anda :

Title : 10 SuperComputer Tercepat di Dunia
Hati-Hati Jika ingin Copy-Paste (15 Blog Sudah TERHAPUS Akibat DMCA Takedown)..!
Pastikan Menyertakan Link Aktif Dofollow Dengan URL :
http://odyckdnero.blogspot.com/2012/07/10-supercomputer-tercepat-di-dunia.html

Related Post

0komentar:

Post a Comment

*Silahkan tinggalkan komentar, saran atau kritik sesuai topik untuk kemajuan blog ini.
*Komentar anda secepat mungkin direspon, karena saya tidak selalu online.
*KOMENTAR TIDAK SOPAN, BERIKLAN, VULGAR, MELECEHKAN, SARA atau PROVOKATIF akan dianggap SPAM, dan berakhir di Tong Sampah..!!!