Apa Itu Blog ?

Tips Blogger dan Blogspot

Definisi Blog atau Weblog

Blog atau Weblog yaitu sebuah aplikasi berbasis web yang disusun berurutan dimana posting terbaru akan tampil pada halaman teratas dan diikuti posting-posting sebelumnya,yang bertujuan untuk saling berinteraksi di dunia maya,baik antar pemilik blog atau pengunjung.

Perbedaan antara blog dengan website biasa adalah blog lebih mudah untuk mengupdate informasi, sedangkan website biasa halamannya cenderung tetap dan yang diupdate hanya isi dari halaman tersebut. Website biasa umumnya digunakan untuk menjual sedangkan blog lebih mengutamakan interaksi antara pemilik blog dengan pembaca blog dimana pembaca blog dapat memberikan tanggapan atau komentar terhadap artikel yang diposting pemilik blog.Jadi blog itu lebih dinamis dan mudah digunakan.

Blog pertama kali muncul pada tahun 1990-an, awalnya disebut weblog dan diperkenalkan oleh John Barger pada tanggal 17 Desember 1997. Istilah ini kemudian dipersingkat menjadi blog oleh Peter Merholz.
Pada awalnya blog digunakan oleh seorang blogger sebagai bentuk catatan online mereka, sehingga bebas dibaca oleh siapapun di internet. Namun seiring dengan berjalannya waktu, blog telah berkembang menjadi bentuk yang lebih kompleks baik dari segi isi (konten), tampilan maupun kegunaannya.

Pebedaan blog gratis dan blog berbayar?

Secara umum, blog dapat dibagi menjadi dua yaitu blog gratis dan blog berbayar. Blog gratis adalah blog yang dibuat melalui situs penyedia blog gratis seperti blogger.com, wordpress.com, blogsome.com, blogdetik.com, dan lain-lain. Sedangkan blog berbayar adalah blog yang dibuat menggunakan nama domain dan hosting sendiri. Disebut blog berbayar karena untuk membuat blog tersebut, anda harus beli domain dan hosting melalui situs penyedia domain dan hosting. Kemudian menginstal platform blog seperti Wordpress (yang biasanya disediakan secara gratis).

Dari segi kinerja dan kontent tidak jauh berbeda. Hanya untuk blog yang gratis terlihat kurang profesional karena menggunakan sub domain. Pada contoh alamatnya, "namabloganda.blogspot.com" atau "namabloganda.wordpress.com" dan kelangsungan blog jenis ini sangat bergantung pada situs penyedianya. Jika suatu saat situs penyedia blog menghentikan layanannya maka blog anda akan hilang. Sedangkan blog berbayar menggunakan top level domain (TLD) yang menggunakan akhiran .com, .net,.org, misalnya "namabloganda.com". Jadi terlihat lebih mandiri dan profesional. Dan blog berbayar tidak akan hilang selama anda tetap memperpanjangkannya setiap tahun.

Bagaimana Membuat Blog ?

Jika anda ingin serius berbisnis online tentu lebih baik menggunakan blog berbayar. Tapi untuk sekedar menyalurkan hoby, bercerita tentang seputar anda, ataupun berbagi hal-hal yang layak menurut anda untuk dibagi kepada orang lain, ada baiknya mencoba membuat blog yang gratis dulu. Walaupun gratis anda masih bisa menghasilkan uang di internet dan anda juga bisa mengupgradenya menjadi blog berbayar.
Untuk membuat blog, saran saya sebaiknya anda membuatnya di http://www.blogger.com. Karena blogger.com milik Google sehingga lebih aman dan mudah terindeks dalam mesin pencari Google. Jadi,bagaimana..? Tertarik membuat blog, dengan penjabaran di atas silahkan tentukan sendiri sesuai keinginan anda.
Beri Kami +1 Agar Terus Semangat Menulis Untuk Anda :

Title : Apa Itu Blog ?
Hati-Hati Jika ingin Copy-Paste (15 Blog Sudah TERHAPUS Akibat DMCA Takedown)..!
Pastikan Menyertakan Link Aktif Dofollow Dengan URL :
http://odyckdnero.blogspot.com/2011/11/apa-itu-blog-blog-atau-weblog-yaitu.html

Related Post

0komentar:

Post a Comment

*Silahkan tinggalkan komentar, saran atau kritik sesuai topik untuk kemajuan blog ini.
*Komentar anda secepat mungkin direspon, karena saya tidak selalu online.
*KOMENTAR TIDAK SOPAN, BERIKLAN, VULGAR, MELECEHKAN, SARA atau PROVOKATIF akan dianggap SPAM, dan berakhir di Tong Sampah..!!!